Komponen Elektromekanik Dan Fungsinya

Komponen elektromekanik dan fungsinya – Komponen elektromekanis yang paling dikenal adalah motor listrik. Meskipun detail fungsi motor sangat bervariasi, hampir semuanya memiliki tujuan mendasar yang sama: mengubah energi listrik menjadi energi mekanik dalam bentuk gerak rotasi. Komponen elektromekanis adalah salah satu klasifikasi komponen elektronika.

Sebuah generator membalikkan hubungan ini: gerakan mekanis yang dihasilkan oleh, misalnya, air yang bergerak atau angin diubah menjadi tenaga listrik. Solenoid dan speaker merupakan komponen elektromekanis yang mengubah energi listrik menjadi gerak linier.

Beberapa komponen elektromekanis tampaknya tidak terlalu mekanis, karena kita tidak dapat melihatnya bergerak. Perangkat piezoelektrik ini, seperti Quartz crystal dan resonator keramik, mengalami perubahan mekanis sebagai respons terhadap medan listrik yang diterapkan. Quartz crystal banyak digunakan untuk menghasilkan sinyal waktu presisi tinggi (high-precision timing signal).

Beberapa komponen elektromekanis lainnya agak biasa, tetapi itu tidak berarti bahwa mereka tidak penting. Sakelar mekanis masih merupakan cara yang efektif untuk mengontrol sirkuit, dan konektor membantu kita mentransfer tegangan catu daya dan sinyal listrik dengan nyaman dan aman dari satu bagian sistem ke bagian lain.

Pertanyaan Seputar Komponen Elektromekanik

Sekian ulasan tentang komponen elektromekanik dan fungsinya. Jika memiliki pertanyaan lain seputar komponen elektromekanis bisa bertanya via kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat. Kelas Elektronika adalah tempat belajar elektronika terlengkap di Indonesia.

Leave a Comment